Beranda > Uncategorized > TAHUN BARU MILIK SIAPA?

TAHUN BARU MILIK SIAPA?


TAHUN BARU MILIK SIAPA…
Pesta dan berbagai perayaan umat manusia diberbagai penjuru dunia dirayakan mulai dari perkotaan sampai pedesaan, tua sampai muda menyambut beralihnya tahun baru, meninggalkan tahun yang lama.
Tahun baru 2011 adalah moment penting bagi sebagian orang seperti pebisnis, profesional maupun para pegawai di berbagai perusahaan, mereka akan menyambut evaluasi dan menyusun rencana masa depannya, mereka akan membuka lembaran barunya, dan sekaligus memperoleh bonus-bonus bagi perusahaan yang mendapatkan keuntungan.
Fenomena di atas dirayakan dalam rangkan tahun baru masehi, tahun baru yang dirayakan oleh kebanyakan orang pada umumnya di muka bumi ini, sudah menjadi kebiasaan kembang api, minum-minum, makan-makan dan berdansa serta menghabsikan waktunya di malam suntuk.
TAHUN MASEHI? MILIK SIAPA?
Di sisi lain ada yang terlupakan oleh generasi muslim saat ini, yaitu TAHUN BARU ISLAM, ATAU TAHUN BARU HIJRAH, umat islam sendiri melupakan dan bahkan tidak sedikit yang tidak mengenalnya, lebih sedihnya lagi generasi muslim senang dan menghabiskan uang dan waktunya untuk merayakan malam tahun baru MASEHI yang jelas BUKAN tahun baru umat islam, tetapi tahun baru agama kristen, karena setiap agama memiliki tahun barunya masing-masing.
TAHUN BARU HIJRAH TAHUN BARU ISLAM
Islam sebagai agama yang sempurna dan lengkap serta satu-satunya agama yang benar yang diturunkan oleh yang maha pencipta, karena inilah satu-satunya agama samawi, islam memiliki tahun baru sendiri yaitu tahun baru hijrah… disinilah umat islam wajib melakukan perubahan (hijrah), hijrah mulai dari keadaan diri yang masih banyak kekurangan menuju keadaan lebih baik…hijrah dari kegelapan / kejahiliyahan menuju kepada cahaya atau kebenaran (al haq), disinilah islam dituntut hidup dinamis ke arah positif.
TAHUN BARU HIJRAH AWAL PENCATATAN AMAL
Generasi islam wajib memiliki jiwa hijrah…ditahun baru inilah generasi islam memulai menyusun perencanaan hidupnya disinilah awal pencatatan amal baik dan buruknya, disinilah dimulai lembaran baru untuk mengisi nilai-nilai yang baik…semua perbuatan baik dan buruk akan dicatat berawal dari 1 muharam… dan saat inilah kita hijrah hanya merayakan tahun baru islam, tidak lagi tahun baru yg lain.
Dalam suatu riwayat kita dilarang mengikuti langkah-langkah orang kafir seperti meniru pola kehidupannya , peribadatannya, karena jika kita menyerupai /meniru perbuatan kebiasaan suatu kaum tertentu maka akan digolongkan bersama kaumnya tersebut”
Islam memiliki cara dan ketentuan sediri untuk mesikapi tahun barunya, salah satunya adalah perintah untuk mengevaluasi dan persiapan untuk hari esoknya.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(qs al hasyr : 18)

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: